Jumat, 04 Januari 2013

Unifa Diharap Beri Sinar Bagi Kampus Lain

Kampus Baru Berlantai Sembilan Dibangun

 KERTAS UKM PERS  –Universitas Fajar (Unifa) di jalan Racing Center terus berbenah diri mengikuti perkembangan zaman. Jumlah mahasiswa yang terus bertambah dengan keluaran-keluaran (alumni) yang siap kerja, menjadikan kampus ini cukup dimintai para generasi muda. Menjawab hal itu, maka pihak Yayasan Pendidikan Fajar Ujungpandang, membangun kampus megah sembilan lantai untuk menampung mahasiswa yang jumlahnya mencapai puluhan ribu. Rabu (19/12) kemarin lalu, Wakil Presiden RI (2004-2009), HM Jusuf Kalla (JK) mengawali pembangunan gedung kampus Universitas Fajar (Unifa) Makassar dengan melakukan peletakan batu pertama di Aula Kampus Unifa.

Acara itu dihariri Wakil Gubernur Provinsi Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, Ketua Yayayasan Pendidikan Fajar Ujungpandang, H Syamsu Nur, Mantan Rektor Unifa, Prof Halide, serta KH Sanusi Baco. JK yang akrab disapa JK ini menuturkan, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pihak universitas atau penyelenggaran pendidikan harus menyiapkan fasilitas yang baik dan layak digunakan. “Saya cuma mau bilang, pendidikan sangat penting. Apa lagi menjadi mahasiswa. Sebab perkembangan zaman harus dibarengi dengan kualitas ilmu dan pengetahuan yang dimiliki,” jelas JK. Ia menambahkan, saat ini bukan lagi bicara tentang jumlah tapi mutu dan kualitas.

Masyarakat Sulsel harus cerdas, khususnya generasi muda. Sebab dalam membentuk jati diri yang berkualitas, tidak hanya sekedar kuliah, tapi juga bagaimana bersikap di masyarakat. “Kampus Fajar ini diharapkan dapat menjadi kampus yang memberikan sinar bagi kampus lain dan masyarakat Makassar,” tambahnya. Sementara Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Fajar Ujungpandang, HM Alwi Hamu, menuturkan apa yang telah disampaikan kepada yayasan dua bulan lalu untuk pembangunan gedung telah direalisasikan. “Dengan adanya pembangunan gedung ini, diharapkan mahasiswa dapat dikirim ke luar negeri seperti ke Taiwan, begitu juga sebaliknya.

Setelah pembangunan kampus Unifa ini sebagai kampus pertama. Dalam benak kami, akan ada kampus kedua yang terletak di pinggir kota,” sebutnya. Rektor Unifa Makassar, Prof Dr Sadly, dalam sambutanya mengatakan, jumlah pendaftaran mahasiswa baru di Unifa saat ini terus mengalami kenaikan hingga 45 persen. Sebelumnya hanya berada diangka 23 persen pertahun. Dan wisuda 2013 nanti, Unifa kembali melakukan wisuda 200 orang sarjana. Menurutnya, menjadikan Unifa sebagai universitas yang berkualitas. Pihak akademik bersama Yayasan Pendidikan Fajar harus membangun kampus yang mampu menampung hingga ribuan mahasiswa.

“Pengembangan Unifa ini menjadi kampus percontohan pengembangan usaha atau pembelajaran intrepreneurship bagi mahasiswa, pelajar dan masyarakat Sulsel,” terangnya. Menurutnya, pengembangan sistem pendidikan yang akan ada di Unifa termasuk gedung baru ini nantinya dapat menampung hingga 18 ribu mahasiswa baru. “Kehadiran Pak Jusuf Kalla dalam peletakan batu pertama pembangunan kampus Unifa ini, diharapkan akan menjadi spirit bagi mahasiswa Unifa menuju Indonesia tangguh,”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar